Sabtu, 06 Agustus 2011

Kebun Raya Enrekang

Sejarah

Indonesia memiliki kekayaan sumberdaya hayati yang sangat luas yang merupakan asset yang sangat berharga dan penopang utama bagi kehidupan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat Indonesia. Namun beberapa dekade terakhir ini tingkat kerusakan kekayaan hayati yang ada di Indonesia mengalami ancaman yang luar biasa, kekayaan hayati Indonesia sampai saat ini sudah pada tahap yang sangat memprihatinkan terutama pada berbagai habitat yang merupakan tempat hidup alami dari flora dan fauna.
Dalam kaitan tersebut dan terbitnya Surat Edaran Menteri Riset Teknologi No. 77/M/VIII/2004, dalam kutipan surat edaran meneri Riset dan Teknologi berbunyi ” Kepada Semua Gubernur agar propinsi yang ada di Indonesia memiliki Kebun Raya untuk melestarikan dan menyelamatkan tumbuhan asli disetiap daerah yang ada di Indonesia”.
Salah Satu yang merespon Surat Edaran tersebut adalah Kabupaten Enrekang Propinsi Sulawesi Selatan. Beranjak dari Surat Edaran tersebut Pemerintah Kabupaten Enrekang berkeinginan membangun sebuah Kebun Raya dan langsung mengadakan koordinasi dengan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dalam hal ini Kebun Raya Bogor dan pihak LIPI menyambut baik keinginan Pemerintah Daerah Kabupaten  Enrekang, Pihak LIPI langsung membentuk Tim Investigasi untuk melakukan survey dan pendataan Lokasi Kebun Raya. Dari hasil Investigasi ditetapkan lokasi PTP XII Desa Botto Mallangga sebagai calon lokasi Kebun Raya Enrekang.
Pada Tanggal 19 Agustus 2005 Tim Kebun Raya Bogor dan BAKOSURTANALyang didampingi oleh Tim Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Enrekang melakukan pengukuran dan pemetaan zonasi dalam rangka ”Penyusunan Master Plan Kebun Raya Enrekang” dan Akhirnya Pada Tanggal 03 Desember 2005 telah ditandatangani MOU antara LIPI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang.
Disamping itu untuk melengkapi penyempurnaan Master Plan dan Penambahan Luas Areal Rencana Kebun Raya Enrekang maka diadakan Pengukuran Kedua oleh PT Guna Patria Pada Tanggal 15 s/d 22 September 2006.
Pada Tanggal 10 s/d 11 Juli 2007 diadakakan ”Diskusi Ilmiah dan Sosialisasi Pengembangan Master Plan Kebun Raya Enrekang” bekerjasama dengan Departemen Pekerjaan Umum (PU), Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI) dan Pemerintah Kabupaten Enrekang.
Pada Tanggal 14 Maret 2007 dilakukan Penanaman Perdana Koleksi Kebun Raya Enrekang oleh Bapak Bupati Kabupaten Enrekang Ir. Haji Latinro Latunrung bersama dengan unsur muspida Kabupaten Enrekang dan tanggal 14 Maret 2007 ditetapkan sebagai Hari Jadi KEBUN RAYA ENREKANG

Visi & Misi

VISI
Menjadi Salah Satu Kebun Raya terbaik dibidang Konservasi dan Penelitian Tumbuhan Tropika Terutama Wilayah Jalur Wallaaceae, Pendidikan,Lingkungan dan Pariwisata

MISI
  • Melestarikan tumbuhan Tropika Indonesia (terutama tumbuhan wallaceae)
  • Mengembangkan Penelitian bidang Konservasi dan Pendayagunaan Tumbuhan Indonesia
  • Mengembangkan Pendidikan Lingkungan untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Apresiasi Masyarakat terhadap Tumbuhan dan Lingkungan
  • Meningkatkan Pengetahuan kepada Masyarakat terhadap Pentingnya Konservasi Tumbuhan terutama Pelindung Hutan dan Lingkungan.

Lokasi

Lokasi Kab Enrekang 220x300 Lokasi

Kabupaten Enrekang dengan ibukota Enrekang terletak ± 235 Km sebelah utara Makassar. Secara administratif terdiri dari 12 Kecamatan, 12 Kelurahan dan 96 Desa, dengan luas wilayah sebesar 1.786,01 Km². Terletak pada koordinat antara 3o 14’ 36” sampai 03o 50’ 00” Lintang Selatan dan 119o 40’ 53” sampai 120o 06’ 33” Bujur Timur.
Batas wilayah kabupaten ini adalah sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Tana Toraja, sebelah timur dengan Kabupaten Luwu dan Sidrap, sebelah selatan dengan Kabupaten Sidrap dan sebelah barat dengan Kabupaten Pinrang.
Kabupaten ini pada umumnya mempunyai wilayah Topografi yang bervariasi berupa perbukitan, pegunungan, lembah dan sungai dengan ketinggian 47 – 3.293 m dari permukaan laut serta tidak mempunyai wilayah pantai.
Secara umum keadaan Topografi Wilayah wilayah didominasi oleh bukit-bukit/gunung-gunung yaitu sekitar 84,96% dari luas wilayah Kabupaten Enrekang sedangkan yang datar hanya 15,04%.
Kebun Raya Enrekang sendiri terletak 25 km dari Kota Kabupaten tepatnya di Desa Batu Mila Kec. Maiwa Kabupaten Enrekang. Kebun Raya Enrekang dapat ditempuh 4 s/d 5 Jam Perjalanan dari kota Makassar.

erk 208x300 Lokasi 
 Peta Administratif Kab. Enrekang

Master Plan

Master Plan 300x225 Master Plan 
Kebun Raya Enrekang dibagi atas beberapa Region dan Taman yaitu :
1. Region Sulawesi
2. Region Kalimantan
3. Region Papua & Maluku
4. Region Sumatera
5. Region Jawa
6. Taman Anggrek
7. Taman Koleksi Tumbuhan Langka
8. Taman Koleksi Tumbuhan Punah
9. Taman Mexico & Bostein
10. Taman Tanaman Hias
11. Taman Koleksi Tanaman Climber


Sumber : http://kebunrayaenrekang.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar