Senin, 21 Maret 2011

Potensi Sumber Daya Alam Sulawesi Selatan

POTENSI SUMBER DAYA

  Sulawesi Selatan dikarunia potensi sumberdaya yang berlimpah, terutama sumberdaya manusia dan sumberdaya alam. Besarnya potensi tersebut merupakan modal yang sangat berharga bagi daerah ini dalam melaksanakan aktivitas pembangunan.

 A.       POTENSI SUMBER DAYA MANUSIA
    Jumlah penduduk Sulawesi Selatan pada tahun 2001 berjumlah 7,82 juta jiwa yang terdiri dari penduduk laki-laki sebanyak 3,85 juta dan perempuan 4,04 juta. Rata-rata laju pertumbuhan penduduk Sulawesi Selatan sejak tahun 1996 sebesar 1,14 persen per tahun. Dari jumlah penduduk tersebut, sebanyak 62,35 persen merupakan penduduk usia produktif (15-64 tahun).
    Tingkat pendidikan masyarakat Sulawesi Selatan semakin meningkat kualitasnya, sejalan dengan pelaksanaan program wajib belajar sembilan tahun yang dicanangkan oleh pemerintah serta semakin tingginya kesadaran masyarakat untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Jumlah penduduk tidak tamat SD pada tahun 2001 sebanyak 23,99 persen dari jumlah penduduk 10 tahun ke atas. Jumlah ini menurun bila dibandingkan dengan tahun 1996 yang mencapai 27,02 persen.
     Pada pihak lain jumlah penduduk yang yang tamat pendidikan menengah dan tinggi mengalami peningkatan. Tingkat pendidikan SLTP meningkat dari 11,88 persen pada tahun 2001 menjadi 13,82 persen pada tahun 2001. Demikian pula pada tingkat pendidikan menengah atas meningkat dari 14,07 persen menjadi 16,29 persen pada periode waktu yang sama. Untuk tingkat pendidikan Tinggi atau Universitas, meskipun proporsinya masih kecil, tapi menunjukkan peningkatan dari 1,77 persen pada tahun 1996 menjadi 2,27 persen pada tahun 2001.
  
B.      SUMBER DAYA ALAM
     Sulawesi Selatan dikaruniai oleh sumber daya alam yang berlimpah baik sumberdaya alam darat maupun laut. Potensi sumberdaya alam tambang antara lain berupa bahan deposit bahan galian, sumberdaya air, hutan, perikanan dan kelautan tersedia dalam jumlah yang sangat besar dan baru sebagian kecil potensi tersebut yang telah dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.  
 Potensi deposit bahan galian yang tersedia dalam jumlah besar antara lain gas alam, batubara, nikel, pasir besi, batu gamping, marmer, pasir kuarsa. Potensi daya air yang cukup besar telah memberikan keuntungan besar bagi Sulawesi Selatan dalam mengembangkan sektor pertanian sebagai basis perekonomian wilayah. Pemanfaatan lain dari sumberdaya air yang melimpah tersebut adalah untuk penyediaan tenaga listrik yang dibutuhkan oleh masyarakat daerah seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Bakaru yang melayani sebagian besar kebutuhan listrik di Sulawesi Selatan. Sedangkan potensi sumberdaya perikanan dan kelautan tersedia dalam jumlah yang sangat besar adalah ikan tuna, cakalang, ikan terbang, ikan karang, udang, teripang serta rumput laut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar